French Open Super Series 2011 – Tzu Ying Tundukkan Yi Han

Paris, 28 Oktober 2011 – Kejutan kembali terjadi di sektor putri atas pebulutangkis negeri tirai bambu. Usai kekalahan dini tiga wakilnya di babak pertama dan terjungkalnya Wang Shixian (2) di babak kedua, kali ini China kembali harus kehilangan wakil terbaiknya, Wang Yihan (1).

Dua kali menghempas salah satu tunggal terbaik China, Wang Xin pada turnamen Indonesia Open Premier SS 2011 dan Japan Open SS 2011, penampilan pemain muda Taiwan, Tai Tzu Ying justru mencapai antiklimaks ketika menghadapi tunggal yang lebih mudah di babak selanjutnya. Hal ini membuat konsistensi pemain berusia 17 tahun tersebut sempat diragukan. Di turnamen kali ini, Tzu Ying kembali menambah koleksi kemenangannya terhadap pemain papan atas China, Wang Yihan (1).

Sempat tertinggal di awal gim pertama, Tzu Ying mampu bangkit dengan serangan-serangan kerasnya dan pengembalian bola-bola di depan net. Lima poin beruntun yang dikumpulkannya usai tertinggal 7-10 menjadi titik balik kebangkitan Tzu Ying untuk merebut set ini, 21-18.

Di set kedua, dominasi permainan akurat Tzu Ying terus konsisten dan menjadi sulit dibendung oleh Yihan. Tunggal terbaik China yang memiliki senjata ‘smash overhead’ menyilang cukup mematikan ini tak mampu keluar dari tekanan sejak tertinggal 5-12. Dominasi Tzu Ying akhirnya tak terbendung dan memastikan kemenangannya, 21-13.

Konsistensi kembali menjadi kunci kesuksesan Tzu Ying di turnamen ini jika tak ingin berakhir tragis seperti pada turnamen Japan Open SS 2011 yang lalu. Usai menghempas Wang Xin (3) di babak kedua, Tzu Ying malah tampil di bawah performa terbaiknya saat menantang Liu Xin di babak delapan besar.

Kali ini, tunggal Taiwan tersebut kembali menghadapi skenario yang sama. Berhasil menundukkan Yihan, Tzu Ying dituntut mampu bermain konsisten agar bisa melumpuhkan Li Xuerui yang akan menjadi lawannya sebelum menembus babak final. Xuerui sendiri melangkah ke empat besar dengan menjegal putri Jepang, Sayaka Sato, 21-15, 21-13.

Langkah Tzu Ying sayangnya tidak diikuti oleh bintang lainnya, Sung Ji Hyun. Pebulutangkis Korea yang mendepak Wang Shixian (2) di babak kedua tersebut takluk atas wakil Thailand, Porntip Buranaprasertsuk, setelah berjibaku 3 gim, 21-15, 13-21, 21-18. Dengan kemenangan ini, Porntip berhak untuk menantang Wang Xin (3) yang menuai kemanangan atas Juliane Schenk (6), 21-11, 21-15

(disadur dari:  bulutangkismania. wordpress.com)

About victorindonesia

Multinational company running in Badminton business
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s